Business Plan Kewirausahaan

 

TUGAS AKHIR KEWIRAUSAHAAN

BUSINESS PLAN

Wisata Kuliner dan Pemancingan Ku Suka

 



 

Disusun Oleh :

Nama        : Dina Lusiana

NIM            : 21120117120030

 

 

 

DEPARTEMEN TEKNIK KOMPUTER

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

2018

 


1.1  Latar Belakang

            Indonesia sebagai negara kepulauan yang sebagian besar terdiri dari perairan dengan potensi sumber daya yang jenis maupun jumlahnya yang sangatlah besar. Dengan didukung kekayaan alam yang melimpah, bidang maritim pun memiliki kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya yaitu Kegiatan perikanan. Kegiatan ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai obyek minawisata di Indonesia. Sebagian besar perikanan di bagi menjadi penangkapan ikan dan budidaya, seperti ikan air tawar, payau (tambak), dan juga air laut, contoh kerang, rumput laut, kakap, dan lain sebagainya. Salah satu objek wisata di bidang perikanan yang menarik adalah kolam pemancingan (Nasution, 2000). Jumlah kolam pemancingan semakin banyak dikembangkan untuk memenuhi keinginan masyarakat akan kebutuhan memancing. Tumbuhnya kolam pemancingan ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pengusaha. Di sisi lain bisnis kolam pemancingan memiliki prospek yang baik meskipun krisis perekonomian yang melanda negara kita pada saat ini telah cukup banyak menghancurkan beberapa kegiatan bisnis, terutama bisnis yang sedikit local content.

2.1         Data Perusahaan

a. Nama Perusahaan          : Wisata Kuliner dan                                                                            Pemancingan Ku Suka

b.    Bidang Usaha                        : kuliner dan refreshing

c.    Lokasi pusat                           : Juwana, Kabupaten Pati

d.    Nomor Telepon                      : 085226235943

e.    E-mail                                      : kulinerkusuka@gmail.com

f.     Facebook                                : kulinerkusuka

g.    Instagram                                : @ kulinerkusuka

h.    Twitter                                      : @ kulinerkusuka

i.      Youtube                                  : kulinerkusuka

j.      Website                                   : kulinerkusuka

k.    Market place id                      : kulinerkusuka

2.2         Biodata Pengusul

a.    Nama                                       : Dina Lusiana

b.    Jabatan                                   : CEO

c.    Tempat dan Tanggal Lahir  : Pati, 10 Pebruari 1999

l.      Alamat Rumah                       : Juwana, Kab. Pati

d.    Nomor Telepon                      : 085226235943

e.    Alamat e-mail                         : lusianadina114@gmail.com

f.     Facebook                                : Dina Lusiana

g.    Instagram                                : @lusianadina114

h.    Twitter                                      : @lusianadina114

i.      Line                                          : @lusianadina114

j.      Status                                      : Mahasiswa

2.3          Nama Perusahaan dan Lokasi

            Nama usaha yang akan kami rilis yaitu “Rumah Makan dan Pemancingan Ku Suka”. Kami memilih nama tersebut dengan alasan yaitu berlatar belakang dari usaha ini sendiri yaitu rumah makan dan pemancingan ikan. Kami mengambil nama rumah makan dan pemancingan agar pelanggan tidak kebingungan akan tempat apa sebenarnya yang sedang mereka datangi. Dengan adanya unsur nama yang jelas maka pelanggan tidak akan kebingungan jika ingin berkunjung ke tempat usaha kami. Selain itu dengan nama “Ku Suka” kami berharap dengan adanya rumah makan dan pemancingan ikan ini akan disukai oleh banyak orang baik itu masyarakat setempat maupun masyarakat yang datang dari luar kota. Selain dengan harapan akan disukai banyak orang, kami berharap agar rumah makan dan pemancingan ku suka ini kedepannya akan semakin maju dan bertambah sukses.

Pemilihan lokasi merupakan suatu variabel yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha, karena dari lokasi inilah kita dapat dengan mudah menentukan posisi suatu usaha. Dengan adanya suatu lokasi kita akan dengan mudah jika ingin berkunjung ke suatu tempat usaha.

Dalam menentukan suatu tempat usaha dibutuhkan suatu tempat yang strategis dan terjangkau oleh semua kalangan. Bukan hanya strategis saja, tapi juga aksesnya juga haruslah mudah. Tempat usaha harus dapat dengan mudah dijangkau dan ditemukan oleh pelanggan.

Dalam usaha rumah makan dan pemancingan kali ini kami memilih  lokasi untuk tempat usaha kami yaitu di Jl. Juwana-Pati, Kota Juwana, kabupaten Pati. Tempat usaha ini nantinya akan terletak di pinggir jalan utama akses ke Pati, Juwana, maupun ke Rembang yang dilewati oleh banyak kendaraan. Selain di tengah kota, tempat usaha ini juga nantinya dekat dengan perumahan warga, sekolah, maupun alun-alun kota.

            Kami memilih lokasi tersebut dengan alasan karena tempat tersebut berada di jalan utama kota Juwana. Selain sebagai jalan utama untuk akses ke kota, lokasi ini juga berada di pusat kota. Selain dekat dengan alun-alun kota, lokasi ini sangat mudah dijangkau karena tempatnya yang strategis dan dapat ditemukan dengan mudah. Mengenai akses ke lokasi juga sangat mudah karena berada di pinggir jalan. Jadi, tempat ini akan sangat mudah sekali untuk ditemukan.

2.4         Komoditas yang akan diusahakan

            Rencana usaha yang akan kami tawarkan ialah usaha di bidang rekreasi dan hiburan yaitu pemancingan ikan serta kuliner khususnya yaitu ikan. Disini pelanggan dibebaskan untuk memancing ikan sekedar untuk mengisi waktu luang atau bersantai bersama keluarga, selain itu hasil pancingan pelanggan boleh dinikmati di tempat atau boleh mengambil sendiri pilihan menu yang akan dipilih. Pada pemancingan ini menggunakan berbagai jenis ikan air tawar diantaranya yaitu ikan bandeng, mujahir, nila, lele, dan gurame. 

            Kami menjamin produk kami selalu fresh, baru, ready stock karena diambil langsung dari kolam dan tidak menggunakan zat-zat berbahaya serta kaya akan rempah-rempah asli Indonesia. Dengan inovasi rasa yang lebih enak dan berbeda, porsi yang lebih besar dan lebih banyak dari yang lain, harga yang ekonomis terutama dapat dijangkau oleh kaum pelajar. Pelayanan yang ramah dan lokasi yang didekor untuk menimbulkan suasana santai dan nyaman seperti ada di rumah sendiri


 

2.5         Konsumen yang dituju

            Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumen memiliki peran yang sangat penting dalam suatu proses transaksi. Karena sebuah perusahaan hadir untuk mencukupi kebutuhan konsumen. Jika ingin membuat perusahaan menjadi lebih maju tentunya kita akan sangat bergantung dari penilaian para konsumen.oleh karena itu konsumen menjadi sangat penting dalam suatu proses jual beli.

            Sasaran konsumen dalam rencana bisnis “Wisata Kuliner dan Pemancingan Ku Suka” yaitu semua kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas, kalangan menengah, dan kalangan bawah, anak muda, maupun yang sudah lanjut usia. Dikarenakan harga menu disini terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua kalangan karena menu-menu disini seperti makanan rumahan.

2.6         Pasar yang akan dimasuki

      Pasar yang dimasuki adalah industri hiburan dan rekreasi serta kuliner, karena kami melihat dari tahun ke tahun industry hiburan dan rekreasi serta kuliner berkembang sangat pesat dan selalu banyak inovasi yang menjanjikan untuk dilaksanakan kegiatan usaha yang menghasilkan keuntungan. Dan dalam hal ini saya selaku pelaku kegiatan usaha ingin mengambil keuntungan dari perkembangan tersebut dengan produk yang inovatif dan kreatif tentunya.

Melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan ini kami sebagai pemula khususnya di bidang industri hiburan dan rekreasi serta kuliner khususnya di daerah Kota Juwana yang memang menjanjikan, karena dilihat dari kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat yaitu membutuhkan makanan dan inovasi-inovasi baru dibidang kuliner yang semakin unik dan beragam. Dan usaha di bidang kuliner ini memiliki kesempatan yang sangat baik dalam perkembangan saat ini di kota Juwana, yang sudah mulai banyak warung-warung kuliner yang menyajikan berbagai menu yang unik dengan harga yang murah agar mendapatkan konsumen sebanyak mungkin, yang paling bisa di lihat ialah dari yang professional dalam menggunakan peralatan yang sangat modern sampai yang masih manual menggunakan peralatan yang masih di bilang sederhana.

2.7         Mitra / Partner

            Dalam patner usaha kami merekrut para petani, peternak dan nelayan yang ada di Jawa Tengah khususnya di Juwana, karena disana adalah penghasil utama komoditas ikan dan  bahan makanan serta rempah-rempah yang berkualitas di Indonesia. Dan tidak lupa dengan para peternak baik itu sapi, ayam dan peternak tambak ikan, khususnya dalam hal pemberdayaan bibit ikan maupun benih-benih ikan yang akan ditebar di kolam pemancingan

2.8         Personel yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan

Untuk memulai usaha Widata Kuliner dan Pemancingan Ku Suka, personel yang dapat dipercaya untuk menjalankan usaha ini diantaranya yaitu keluarga dan sahabat. Untuk awal diperlukan setidaknya 10 orang.

2.9         Anggaran Biaya

2.9.1    Biaya Produk tetap per-bulan

No

Barang

Harga

Jumlah

Total

1.

Ikan

Rp 20.000,00

300 buah

Rp 6.000.000,00

2.

Sayur

Rp 10.000,00

50 buah

Rp 500.000,00

3.

Rempah

Rp 10.000,00

10 buah

Rp 100.000,00

4.

Pakan ikan

Rp 10.000,00

20 buah

Rp 200.000,00

5.

Saos dan kecap

Rp10.000,00

20 buah

Rp.200.000,00

6.

Minyak goreng

Rp20.000,00

10 buah

Rp.200.000,00

TOTAL

Rp 7.200.000,00

2.9.2    Biaya penunjang tetap

No

Barang

Harga

Jumlah

Total

1

Laptop / PC

Rp 7.000.000,00

1 buah

Rp 7.000.000,00

2

ATK

Rp 1.000.000,00

-

Rp 100.000,00

3

Nametag

Rp 5.000,00

10 buah

Rp 50.000,00

4.

Peralatan pancing ikan

Rp.10.000,00

20 buah

Rp.200.000,00

TOTAL

Rp 7.350.000,00

2.9.3 Biaya pembangunan

No

Barang

Harga

Jumlah

Total

1.

Pasir

Rp. 3.000.000,00

5 truk

Rp. 15.000.000,00

2.

Semen

Rp.50.000,00

30 buah

Rp.1.500.000,00

3.

Pertukangan

Rp.50.000,00

10 orang-selesai

Rp. 1.000.000,00

4.

Batu bata

Rp.100.000,00

5 truk

Rp.500.000,00

5.

Pipa

Rp.100.000,00

10 buah

Rp.1.000.000,00

6.

Lahan

Rp.100.000,00

2 hektar

Rp.200.000.000,00

Total

Rp.219.000.000,00

2.9.4 Peralatan

No

Peralatan

Harga

Jumlah

Total

1.

Kompor dan gas LPG

Rp.200.000,00

2 buah

Rp.400.000,00

2.

Wajan

Rp.20.000,00

5 buah

Rp.100.000,00

3.

Piring

Rp.10.000,00

50 buah

Rp.500.000,00

4.

Gelas

Rp.5.000,00

50 buah

Rp.250.000,00

5.

Sendok

Rp.5.000,00

50 buah

Rp.250.000,00

6.

Serbet

Rp.5.000,00

20 buah

Rp.100.000,00

7.

Meja

Rp.100.000,00

20 buah

Rp.2.000.000,00

8.

Kursi

Rp.50.000,00

50 buah

Rp.250.000,00

9.

Pisau

Rp.10.000,00

10 buah

Rp.100.000,00

10.

Nampan

Rp.5.000,00

20 buah

Rp.100.000,00

11.

Tempat sampah

Rp.5.000,00

10 buah

Rp.50.000,00

12.

Peralatan tambahan lainnya

-

-

Rp.200.000,00

Total

Rp.4.300.000,00

 

2.9.5 Total Modal awal yang dibutuhkan

Total  = Rp 7.200.000,00 + Rp 7.350.000,00 + Rp.219.000.000,00 +             Rp.4.300.000,00     

           = Rp 237.850.000,00

2.9.6 Modal yang dimiliki saat ini

Tabungan                                                     = Rp 200.000.000,00

Dana bersama = 10 x Rp 3.800.000,00 = Rp 38.000.000,00

Total                                                              = Rp 238.000.000,00

 

2.10      Peralatan yang dibutuhkan

            Peralatan  yang perlu disediakan oleh perusahaan kami adalah sebagai berikut.

No

Peralatan

Jumlah

1.

Kompor dan gas LPG

2 buah

2.

Wajan

5 buah

3.

Piring

50 buah

4.

Gelas

50 buah

5.

Sendok

50 buah

6.

Serbet

20 buah

7.

Meja

20 buah

8.

Kursi

50 buah

9.

Pisau

10 buah

10.

Nampan

20 buah

11.

Tempat sampah

10 buah

12.

Peralatan tambahan lainnya

-

2.11      Penyebaran Promosi

            Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan,  kami mempunyai cara promosi seperti, yaitu :

a.    Diskon

  1. Saat konsumen ulang tahun kami juga akan memberikan diskon dengan syarat konsumen menunjukan identitas diri yang ada tanggal lahir, maka kami akan memberikan potongan harga sebesar 15 % dari total pembelian.
  2. Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli menu dengan harga diatas Rp50.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.

b.    Media online

Di zaman sekarang akan sangat mubazir apabila menjalankan usaha dan melakukan promosi tanpa memanfaatkan teknologi yang ada, maka dari itu kami menggunakan media sosial yang ada berupa Line, Instagram, Whatsapp, dan Facebook.

c.    Media offline

Kami juga tidak lupa melakukan promosi menggunakan brosur, pamflet, dan sebagainya. Tidak lupa juga kami memberikan promo kepada pelanggan baru dan pelanggan tetap agar mereka tetap puas dan senang. Hal ini ditujukan agar kalangan mahasiswa, dosen dab masyarakat dapat mengetahui langsung produk yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi langsung dari kami.

d.    WOM (Word of Mouth)

Pemasaran ini dilakukan dari mulut ke mulut, yaitu dengan informasi yang menyebar dari orang ke orang. Sebagai contoh, kami mencoba mengajak mahasiswa untuk memberikan testimoni apabila merasa puas dengan Produk Bekal yang kami tawarkan. Namun apabila ada kritikan, kami juga tidak akan menutup diri, kami akan proses secara seksama dan kami perbaiki kesalahan yang terjadi.


 

Demikian bussines plan ini kami susun dengan sebaik baiknya. Rencana bisnis ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan kita tentang peluang dalam dunia bisnis dan pelaksanaan tugas akhir Kewirausahan di Teknik Komputer Universitas Diponegoro.

            Dari rencana bisnis ini, dapat disimpulkan bahwa berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini.

            Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM-MACAM BAHASA PEMROGRAMAN

Makalah Sejarah Perkembangan Video Game