Business Plan Kewirausahaan
TUGAS
AKHIR KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS
PLAN
“Wisata Kuliner dan
Pemancingan Ku Suka”
Disusun
Oleh :
Nama : Dina
Lusiana
NIM : 21120117120030
DEPARTEMEN TEKNIK KOMPUTER
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS
DIPONEGORO
2018
1.1 Latar Belakang
Indonesia sebagai negara kepulauan yang
sebagian besar terdiri dari perairan dengan potensi sumber daya yang jenis
maupun jumlahnya yang sangatlah
besar. Dengan didukung kekayaan alam yang melimpah, bidang
maritim pun memiliki kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya yaitu Kegiatan
perikanan. Kegiatan ini mempunyai
potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai obyek minawisata di Indonesia.
Sebagian besar perikanan di bagi menjadi penangkapan ikan dan budidaya, seperti
ikan air tawar, payau (tambak), dan juga air laut, contoh kerang, rumput laut,
kakap, dan lain sebagainya. Salah satu objek wisata di bidang perikanan yang
menarik adalah kolam pemancingan (Nasution, 2000). Jumlah kolam pemancingan
semakin banyak dikembangkan untuk memenuhi keinginan masyarakat akan kebutuhan
memancing. Tumbuhnya kolam pemancingan ini ternyata membawa berkah tersendiri
bagi para pengusaha. Di sisi lain bisnis kolam pemancingan memiliki prospek
yang baik meskipun krisis perekonomian yang melanda negara kita pada saat ini
telah cukup banyak menghancurkan beberapa kegiatan bisnis, terutama bisnis yang
sedikit local content.
2.1
Data
Perusahaan
a. Nama
Perusahaan : Wisata Kuliner dan Pemancingan Ku Suka
b. Bidang
Usaha : kuliner dan
refreshing
c. Lokasi pusat : Juwana, Kabupaten Pati
d. Nomor
Telepon : 085226235943
e. E-mail : kulinerkusuka@gmail.com
f. Facebook : kulinerkusuka
g. Instagram : @ kulinerkusuka
h. Twitter :
@ kulinerkusuka
i. Youtube :
kulinerkusuka
j. Website :
kulinerkusuka
k. Market place id :
kulinerkusuka
2.2
Biodata Pengusul
a. Nama : Dina Lusiana
b. Jabatan : CEO
c. Tempat
dan Tanggal Lahir : Pati, 10 Pebruari
1999
l. Alamat
Rumah : Juwana, Kab.
Pati
d. Nomor
Telepon : 085226235943
e. Alamat
e-mail : lusianadina114@gmail.com
f. Facebook : Dina Lusiana
g. Instagram : @lusianadina114
h. Twitter :
@lusianadina114
i. Line :
@lusianadina114
j.
Status : Mahasiswa
2.3
Nama
Perusahaan dan Lokasi
Nama usaha yang akan kami rilis
yaitu “Rumah Makan dan Pemancingan Ku Suka”. Kami memilih nama tersebut dengan
alasan yaitu berlatar belakang dari usaha ini sendiri yaitu rumah makan dan
pemancingan ikan. Kami mengambil nama rumah makan dan pemancingan agar
pelanggan tidak kebingungan akan tempat apa sebenarnya yang sedang mereka
datangi. Dengan adanya unsur nama yang jelas maka pelanggan tidak akan
kebingungan jika ingin berkunjung ke tempat usaha kami. Selain itu dengan nama
“Ku Suka” kami berharap dengan adanya rumah makan dan pemancingan ikan ini akan
disukai oleh banyak orang baik itu masyarakat setempat maupun masyarakat yang
datang dari luar kota. Selain dengan harapan akan disukai banyak orang, kami
berharap agar rumah makan dan pemancingan ku suka ini kedepannya akan semakin
maju dan bertambah sukses.
Pemilihan lokasi merupakan suatu variabel yang sangat
penting dalam menjalankan suatu usaha, karena dari lokasi inilah kita dapat
dengan mudah menentukan posisi suatu usaha. Dengan adanya suatu lokasi kita
akan dengan mudah jika ingin berkunjung ke suatu tempat usaha.
Dalam menentukan suatu tempat usaha dibutuhkan suatu
tempat yang strategis dan terjangkau oleh semua kalangan. Bukan hanya strategis
saja, tapi juga aksesnya juga haruslah mudah. Tempat usaha harus dapat dengan
mudah dijangkau dan ditemukan oleh pelanggan.
Dalam usaha rumah makan
dan pemancingan kali ini kami memilih
lokasi untuk tempat usaha kami yaitu di Jl. Juwana-Pati, Kota Juwana,
kabupaten Pati. Tempat usaha ini nantinya akan terletak di pinggir jalan utama
akses ke Pati, Juwana, maupun ke Rembang yang dilewati oleh banyak kendaraan.
Selain di tengah kota, tempat usaha ini juga nantinya dekat dengan perumahan
warga, sekolah, maupun alun-alun kota.
Kami memilih lokasi tersebut dengan alasan karena tempat
tersebut berada di jalan utama kota Juwana. Selain sebagai jalan utama untuk
akses ke kota, lokasi ini juga berada di pusat kota. Selain dekat dengan
alun-alun kota, lokasi ini sangat mudah dijangkau karena tempatnya yang
strategis dan dapat ditemukan dengan mudah. Mengenai akses ke lokasi juga
sangat mudah karena berada di pinggir jalan. Jadi, tempat ini akan sangat mudah
sekali untuk ditemukan.
2.4
Komoditas
yang akan diusahakan
Rencana usaha yang akan kami tawarkan ialah usaha di bidang rekreasi dan hiburan yaitu pemancingan
ikan serta kuliner khususnya yaitu ikan. Disini pelanggan
dibebaskan untuk memancing ikan sekedar untuk mengisi waktu luang atau
bersantai bersama keluarga, selain itu hasil pancingan pelanggan boleh
dinikmati di tempat atau boleh mengambil sendiri pilihan menu yang akan
dipilih. Pada pemancingan ini menggunakan berbagai jenis ikan air tawar
diantaranya yaitu ikan bandeng, mujahir, nila, lele, dan gurame.
Kami
menjamin produk kami selalu fresh, baru, ready stock karena diambil langsung dari kolam
dan tidak menggunakan zat-zat berbahaya serta kaya akan rempah-rempah asli Indonesia. Dengan inovasi rasa yang lebih enak dan berbeda, porsi yang
lebih besar dan lebih banyak dari yang lain, harga yang ekonomis terutama dapat
dijangkau oleh kaum pelajar. Pelayanan yang ramah dan lokasi yang didekor untuk menimbulkan suasana santai dan nyaman
seperti ada di rumah sendiri
2.5
Konsumen yang
dituju
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang
tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang
lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumen memiliki peran yang sangat
penting dalam suatu proses transaksi. Karena sebuah perusahaan hadir untuk
mencukupi kebutuhan konsumen. Jika ingin membuat perusahaan menjadi lebih maju
tentunya kita akan sangat bergantung dari penilaian para konsumen.oleh karena
itu konsumen menjadi sangat penting dalam suatu proses jual beli.
Sasaran konsumen
dalam rencana bisnis “Wisata Kuliner dan Pemancingan Ku Suka” yaitu semua kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas,
kalangan menengah, dan kalangan bawah, anak muda, maupun yang sudah lanjut
usia. Dikarenakan harga menu disini terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua
kalangan karena menu-menu disini seperti makanan rumahan.
2.6
Pasar yang
akan dimasuki
Pasar yang dimasuki adalah industri hiburan dan rekreasi serta kuliner,
karena kami melihat dari tahun ke tahun industry
hiburan dan rekreasi serta kuliner berkembang sangat
pesat dan selalu banyak inovasi yang menjanjikan untuk dilaksanakan kegiatan
usaha yang menghasilkan keuntungan. Dan dalam hal ini saya selaku pelaku
kegiatan usaha ingin mengambil keuntungan dari perkembangan tersebut dengan
produk yang inovatif dan kreatif tentunya.
Melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan ini kami
sebagai pemula khususnya di bidang industri hiburan dan rekreasi serta kuliner khususnya di daerah Kota Juwana yang memang menjanjikan, karena dilihat dari kebutuhan pokok
sehari-hari masyarakat yaitu membutuhkan makanan dan inovasi-inovasi baru
dibidang kuliner yang semakin unik dan beragam. Dan usaha di bidang kuliner ini
memiliki kesempatan yang sangat baik dalam perkembangan saat ini di kota Juwana, yang sudah mulai banyak warung-warung kuliner yang
menyajikan berbagai menu yang unik dengan harga yang murah agar mendapatkan
konsumen sebanyak mungkin, yang paling bisa di lihat ialah dari yang
professional dalam menggunakan peralatan yang sangat modern sampai yang masih
manual menggunakan peralatan yang masih di bilang sederhana.
2.7
Mitra /
Partner
Dalam patner usaha kami merekrut
para petani, peternak dan nelayan yang ada di Jawa Tengah khususnya di Juwana,
karena disana adalah penghasil utama komoditas ikan dan bahan
makanan serta rempah-rempah yang berkualitas di Indonesia. Dan
tidak lupa dengan para peternak baik itu sapi, ayam dan peternak tambak ikan, khususnya dalam hal
pemberdayaan bibit ikan maupun benih-benih ikan yang akan ditebar di kolam
pemancingan
2.8
Personel yang
dipercaya untuk menjalankan perusahaan
Untuk memulai usaha Widata Kuliner dan
Pemancingan Ku Suka, personel yang dapat dipercaya untuk menjalankan usaha ini
diantaranya yaitu keluarga dan sahabat. Untuk awal diperlukan setidaknya 10
orang.
2.9
Anggaran Biaya
2.9.1 Biaya Produk
tetap per-bulan
No |
Barang |
Harga |
Jumlah |
Total |
1. |
Ikan |
Rp
20.000,00 |
300
buah |
Rp
6.000.000,00 |
2. |
Sayur
|
Rp
10.000,00 |
50
buah |
Rp
500.000,00 |
3. |
Rempah
|
Rp
10.000,00 |
10
buah |
Rp
100.000,00 |
4. |
Pakan ikan |
Rp
10.000,00 |
20
buah |
Rp
200.000,00 |
5. |
Saos dan kecap |
Rp10.000,00 |
20 buah |
Rp.200.000,00 |
6. |
Minyak goreng |
Rp20.000,00 |
10 buah |
Rp.200.000,00 |
TOTAL |
Rp
7.200.000,00 |
2.9.2 Biaya
penunjang tetap
No |
Barang |
Harga |
Jumlah |
Total |
1 |
Laptop
/ PC |
Rp
7.000.000,00 |
1
buah |
Rp
7.000.000,00 |
2 |
ATK |
Rp
1.000.000,00 |
- |
Rp
100.000,00 |
3 |
Nametag |
Rp
5.000,00 |
10
buah |
Rp
50.000,00 |
4. |
Peralatan pancing ikan |
Rp.10.000,00 |
20 buah |
Rp.200.000,00 |
TOTAL |
Rp
7.350.000,00 |
2.9.3
Biaya pembangunan
No |
Barang |
Harga |
Jumlah |
Total |
1. |
Pasir |
Rp. 3.000.000,00 |
5 truk |
Rp. 15.000.000,00 |
2. |
Semen |
Rp.50.000,00 |
30 buah |
Rp.1.500.000,00 |
3. |
Pertukangan |
Rp.50.000,00 |
10 orang-selesai |
Rp. 1.000.000,00 |
4. |
Batu bata |
Rp.100.000,00 |
5 truk |
Rp.500.000,00 |
5. |
Pipa |
Rp.100.000,00 |
10 buah |
Rp.1.000.000,00 |
6. |
Lahan |
Rp.100.000,00 |
2 hektar |
Rp.200.000.000,00 |
Total |
Rp.219.000.000,00 |
2.9.4
Peralatan
No |
Peralatan |
Harga |
Jumlah |
Total |
1. |
Kompor dan gas LPG |
Rp.200.000,00 |
2 buah |
Rp.400.000,00 |
2. |
Wajan |
Rp.20.000,00 |
5 buah |
Rp.100.000,00 |
3. |
Piring |
Rp.10.000,00 |
50 buah |
Rp.500.000,00 |
4. |
Gelas |
Rp.5.000,00 |
50 buah |
Rp.250.000,00 |
5. |
Sendok |
Rp.5.000,00 |
50 buah |
Rp.250.000,00 |
6. |
Serbet |
Rp.5.000,00 |
20 buah |
Rp.100.000,00 |
7. |
Meja |
Rp.100.000,00 |
20 buah |
Rp.2.000.000,00 |
8. |
Kursi |
Rp.50.000,00 |
50 buah |
Rp.250.000,00 |
9. |
Pisau |
Rp.10.000,00 |
10 buah |
Rp.100.000,00 |
10. |
Nampan |
Rp.5.000,00 |
20 buah |
Rp.100.000,00 |
11. |
Tempat sampah |
Rp.5.000,00 |
10 buah |
Rp.50.000,00 |
12. |
Peralatan tambahan lainnya |
- |
- |
Rp.200.000,00 |
Total |
Rp.4.300.000,00 |
2.9.5 Total Modal awal yang dibutuhkan
Total = Rp 7.200.000,00 + Rp
7.350.000,00 + Rp.219.000.000,00
+ Rp.4.300.000,00
2.9.6
Modal yang dimiliki saat ini
Tabungan
=
Rp 200.000.000,00
Dana
bersama = 10 x Rp 3.800.000,00 = Rp 38.000.000,00
Total =
Rp 238.000.000,00
2.10 Peralatan yang
dibutuhkan
Peralatan yang perlu disediakan oleh perusahaan kami adalah sebagai berikut.
No |
Peralatan |
Jumlah |
1. |
Kompor dan gas LPG |
2 buah |
2. |
Wajan |
5 buah |
3. |
Piring |
50 buah |
4. |
Gelas |
50 buah |
5. |
Sendok |
50 buah |
6. |
Serbet |
20 buah |
7. |
Meja |
20 buah |
8. |
Kursi |
50 buah |
9. |
Pisau |
10 buah |
10. |
Nampan |
20 buah |
11. |
Tempat sampah |
10 buah |
12. |
Peralatan tambahan lainnya |
- |
2.11 Penyebaran Promosi
Untuk
menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan, kami
mempunyai cara promosi seperti, yaitu :
a.
Diskon
- Saat konsumen
ulang tahun kami juga akan memberikan diskon dengan syarat konsumen
menunjukan identitas diri yang ada tanggal lahir, maka kami akan
memberikan potongan harga sebesar 15 % dari total pembelian.
- Pada malam minggu kami akan
memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli menu dengan harga
diatas Rp50.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.
b.
Media online
Di
zaman sekarang akan sangat mubazir apabila menjalankan usaha dan melakukan
promosi tanpa memanfaatkan teknologi yang ada, maka dari itu kami menggunakan
media sosial yang ada berupa Line, Instagram,
Whatsapp, dan Facebook.
c. Media offline
Kami
juga tidak lupa melakukan promosi menggunakan brosur, pamflet, dan sebagainya. Tidak
lupa juga kami memberikan promo kepada pelanggan baru dan pelanggan tetap agar
mereka tetap puas dan senang. Hal
ini ditujukan agar kalangan mahasiswa, dosen
dab masyarakat dapat mengetahui langsung produk yang kami
tawarkan dan mendapatkan informasi langsung dari kami.
d. WOM
(Word of Mouth)
Pemasaran
ini dilakukan dari mulut ke mulut, yaitu
dengan informasi yang menyebar dari orang ke orang. Sebagai contoh, kami mencoba
mengajak mahasiswa untuk memberikan testimoni apabila merasa puas dengan Produk
Bekal yang kami tawarkan. Namun apabila ada kritikan, kami juga tidak akan
menutup diri, kami akan proses secara seksama dan kami perbaiki kesalahan yang
terjadi.
Demikian bussines plan ini kami susun dengan sebaik baiknya. Rencana bisnis ini bertujuan
untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan kita
tentang peluang dalam dunia bisnis dan pelaksanaan tugas
akhir Kewirausahan
di Teknik Komputer Universitas Diponegoro.
Dari
rencana bisnis ini, dapat disimpulkan
bahwa berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan
permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini.
Sebagai wirausahawan yang baik, kami
tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Menurut kami usaha
ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa
usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
Komentar
Posting Komentar